Renungan Profesional, 29 Mei 2008

HARGAI DIRI ANDA
Thursday, 29 May 2008
“Dan Allah memberikan kepada Salomo hikmat, dan pengertian yang amat besar, serta akal yang luas seperti dataran pasir di tepi laut.” (1 Raja-Raja 4:29).

Profesional, mungkin Anda pernah bertemu dengan seseorang yang suka mengeluh tentang kekuarangan dirinya. Baik kekurangan fisik maupun keterbatasan lainnya. Saya sendiri pernah mengalami hal tersebut. Bertemu dengan seorang teman yang sering mengatakan hal-hal yang negatif tentang dirinya sendiri. “Saya tidak punya talenta seperti yang lain, saya orangnya minderan, saya malu bila berbicara dengan banyak orang.” Begitu katanya. Dan masih banyak lagi kata-kata negatif yang dia lontarkan. Saya jadi capek menghadapinya.

Teman saya itu adalah salah satu contoh orang yang mengalami krisis rendah diri. Dan tahukah Anda di dunia ini banyak orang yang suka mengecilkan dirinya sendiri? Merasa diri tidak mampu, tidak menarik, tidak mampu bersaing dsb. Yang diperhatikan justru segala kekurangan pada dirinya. Sikap seperti ini jelas akan menghambat kita untuk meraih sukses. Bila kita ingin berhasil, langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah dengan berhenti berkeluh –kesah tentang poin minus yang dimiliki tetapi justru lebih melihat poin plus pada diri kita.

Setiap orang pasti memiliki talentanya masing-masing. Karena itu daripada sibuk menjelekkan diri sendiri, mengapa kita tidak berusaha mencari, menggali, menemukan dan mengembangkan potensi kita?

Profesional, seorang wanita yang baru berhasil dipromosikan di kantornya pernah mengatakan demikian, “Dari pada saya terus mencaci-maki soal keterbatasan kemampuan saya, lebih baik saya berusaha memaksimalkan kekuatan saya dan meminimalkan kelemahan saya.” Saya setuju dengan pendapat wanita tersebut. Karena bila kita ingin mengalami sukses, kita perlu belajar untuk menghargai diri sendiri lebih dulu. Bagaimana menurut Anda? (Imelda).

Doa: Bapa, aku percaya Engkau mengasihiku, karena itu Engkau memberikan kelebihan dan kemampuan agar aku menjadi pribadi yang unik.

Sumber : gbihfc.org

Tags: ,

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

