Renungan Blessing, 04 Juni 2008

Jurus Aikido
Amsal 26:17-28
“Seperti arang untuk bara menyala dan kayu untuk api, demikianlah orang yang suka bertengkar untuk panasnya perbantahan.” (Amsal 26:21)

Saya menyukai film laga yang dibintangi oleh Steven Seagal. Dalam setiap aksinya, dia tidak banyak melakukan gerakan. Ketika lawan menyerang, jagoan ini hanya melakukan sedikit gerakan saja, tapi sudah mampu melumpuhkan lawan. Dia menggunakan jurus Aikido. Ilmu beladiri dari Jepang ini memang unik, karena memanfaatkan tenaga dan serangan dari lawan untuk mempertahankan diri.
Dalam relasi sosial, kita dapat memakai jurus Aikido ini untuk mempertahankan hubungan baik. Apa yang sering kita lakukan ketika sedang berdebat atau bertengkar? Kita berusaha ‘menghabisi lawan’ kita dengan menyanggah habis-habisan semua ucapannya. Apakah teknik ini efektif? Tidak. Sebagian besar berakhir dengan sakit hati dan masing masing kekeh dengan pendapatnya.
Cobalah jurus Aikido ini. Caranya: Dengarkan ucapan orang itu. Carilah pernyataannya yang juga Anda setujui. Ulangilah pernyataannya itu dengan berkata begini:”Saya setuju dengan perkataanmu, bahwa…dst” kemudian selipkan pendapat Anda.
Dengan cara ini, panasnya “bara api” perbantahan dapat diredam karena kita berusaha mencari titik temu di antara perbantahan. Akar dari pertengkaran adalah perbedaan pendapat. Dengan memperbesar wilayah kesepakatan, maka niscaya pertengkaran akan berakhir [Purnawan].

SMS from God: Jika bertengkar, fokuslah pada upaya mencari titik persamaan dan mngurangi perbedaan pendapat.

Sumber : gbihfc.org

Tags:

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: