Cultivating Your Creativity

Anda sedang mengendarai mobil. Tiba-tiba Anda berhenti karena tidak tahu arah. Anda kehilangan arah, tidak sampai ke tempat tujuan. Begitu juga yang terjadi dalam hidup dan karier kita jika kita tidak punya kreativitas. Kreativitas sangat penting dalam menunjang karier dan kehidupan kita. Kreativitas merupakan bahan bakar yang menghasilkan energi atau gairah. Sering kali, penurunan omzet dalam perusahaan disebabkan tidak adanya kreativitas dalam pengembangan produknya. Dan, juga gaya kerja stafnya.

Sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan merupakan aset yang sangat berharga. Aktivitas yang berlebihan dapat menimbulkan kejenuhan. Kejenuhan membuat pikiran stagnan. Jika berlanjut, stagnasi ini akan menurunkan produktivitas dan akhirnya merugikan perusahaan. Dari sini terlihat betapa berharganya sumber daya manusia dibandingkan kecanggihan teknologi sebuah perusahaan. Karena motor dari kreativitas bersumber pada kedewasaan manusia dalam menjalani hidup, termasuk peningkatan kariernya. Kreativitas merupakan kendaraan bagi seseorang untuk menjadi pemenang dalam segala bidang.

Peningkatan kreativitas ditentukan oleh:

PASSION

Passion membuat seseorang punya fighting spirit /semangat juang. Ia tidak mudah menyerah dan putus asa dalam menghadapi berbagai masalah, sesulit apa pun, termasuk pekerjaannya. Masalah justru menjadi pemicu untuk mencari terobosan. Passion akan me-munculkan kreativitas secara spontan. Tanpa passion, prestasi gemilang tidak dapat kita raih.

TIME MANAGEMENT

Pengaturan waktu yang baik juga akan memunculkan kreativitas. Ada waktu bekerja. Ada waktu beristirahat. Karena itu, kita harus bekerja cerdas. Yaitu dengan memanfaatkan waktu secara efektif dan efisien untuk memperoleh hasil optimal. Keberhasilan dalam perusahaan, tidak diukur berdasar lamanya waktu kerja kita. Tetapi pada hasil akhirnya, apakah sesuai harapan atau kriteria yang ditetapkan oleh perusahaan.

Bekerja terus menerus tanpa diimbangi istirahat cukup membuat otak kita overload (kelebihan beban). Kita tidak punya lagi ruang berpikir untuk melihat hal baru. Dengan mengatur jam kerja serta jam istirahat dengan disiplin, aliran darah ke otak tidak terhambat karena kita memperoleh oksigen dengan sempurna. Saat kita merasa relaks, kita punya kesempatan untuk mengembang-kan ide baru.

NETWORKING

Manusia merupakan makhluk sosial yang punya kebutuhan untuk bisa berinteraksi. Sesibuk apa pun kita, kita perlu upayakan tetap menyediakan waktu berkualitas untuk bertemu dengan banyak orang. Pertemuan itu mendatangkan energi kreativitas kita. Sikap utama yang dibutuhkan dalam membina networking yang positif adalah ”sikap rendah hati”. Mau mendengar pendapat dan dapat menghargai kelebihan orang lain. Sering berdiskusi dengan banyak orang akan menyulut ide yang memunculkan kreativitas yang lebih membumi, sesuai dengan kebutuhan zaman.

SENSE Of COMPETITION

Banyak orang merasa tidak nyaman dikelilingi pesaingnya. Baik itu secara individu di tempat kerja maupun sebagai perusahaan penghasil suatu produk. Padahal, berada di tengah-tengah pesaing, alarm kewaspadaan kita untuk ”selalu siaga” akan terus berbunyi. Kita tidak hidup dalam zona kenyamanan. Kreativitas akan lebih mudah diting-katkan saat situasi kita terjepit. Bila perlu carilah obyek yang dapat dipakai untuk membangkitkan ”sense of competition” agar kreativitas kita senantiasa berkem-bang. Akhirnya kita menjadi pemenang.

HUMILITY

Kerendahan hati merupakan sumber kreativitas. Sikap rendah hati membuat seseorang selalu melakukan introspeksi dan koreksi terhadap semua aktivitasnya. Hanya dengan kerendahan hati seseorang mau menerima teguran / masukan. Hanya dengan kerendahan hati pula seseorang tidak merasa superior dalam wawasan tetap ”merasa kurang”, sehingga selalu mencari sumber pengetahuan dengan berbagai cara. Humility sangat berperan dalam meningkatkan kreativitas.

Indayati Oetomo
Direktur Internasional John Robert Powers

(BM)

Tags: , ,

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: