MENJADI PRIBADI YANG PENUH KUASA

Kisah Para Rasul 2: 14-40

Mereka takjub mendengar pengajaran-Nya, sebab perkataan-Nya penuh kuasa (Luk 4:32)

Ketika Yesus mengajar di Kapernaum orang-orang di sana merasakan sesuatu yang berbeda. Orang-orang di Kapernaum mengakui dan merasakan pengajaran Yesus berbeda dengan apa yang telah mereka terima dari ahli-ahli Taurat, Yesus mengajar dengan “kuasa” (Mark 1: 22, Luk 4: 32). Kuasa yang ada pada Yesus tidak dimiliki oleh ahli-ahli Taurat. Yesus terlahir dengan penuh kuasa, sebelum masa pelayanan-Nya pun Yesus bertumbuh dengan penuh hikmat, makin dikasihi Allah dan manusia (Luk 2: 52). Penegasan kuasa Allah pada diri Yesus makin jelas setelah Dia dibaptis dan Roh Allah turun atas-Nya. (Mat 3: 16).

Dalam Kisah Para Rasul 2: 14-40 mengisahkan tentang kotbah perdana Petrus dan Alkitab mencatat 3000 orang bertobat. Jika kita melihat latar belakang Petrus seakan tidak percaya. Dalam keempat Injil Petrus dikenal dengan pribadi yang cepat bertindak tanpa berfikir terlebih dahulu, Petrus pernah menyangkal Yesus sebanyak tiga kali, dia pernah berniat untuk kembali ke pekerjaan semula ketika Yesus mati. Apa yang membuat Petrus berubah demikian drastis ? Jawabnya Petrus memiliki kuasa Yesus, kuasa untuk menyatakan kebenaran, kuasa untuk meyaksikan Yesus. Bagaimana Petrus dapat memiliki kuasa itu? Dari Kisah Para Rasul 2: 14-40 ada beberapa kebenaran yang dapat kita gali bagaimana Petrus dapat menjadi pribadi yang penuh kuasa.

Pandangan Petrus tertuju pada rencana Allah

Latar belakang Petrus bukanlah alasan untuk menghalangi kuasa Allah bekerja. Petrus dalam Kisah Para Rasul adalah pribadi yang sama dengan Petrus dalam keempat Injil, tetapi dengan pandangan yang berbeda. Dalam Injil pandangan Petrus tertuju pada apa yang dapat dipandang manusia pada umumnya, matanya belum dapat melihat rtencana Allah. Hal tersebut dapat terlihat ketika Yesus menyampaikan bahwa waktu-Nya sudah dekat dan Dia akan mendapatkan aniaya, Petrus menanggapi dengan pandangan manusia, dia tidak bisa melihat rencana Allah. Pengalaman yang dialaminya bersama Yesus telah mengubahkan cara pandangnya, Yesus telah membukakan selubung yang menutupi matanya, sehingga pandangannya tertuju kepada Allah.

Petrus percaya pada Firman Tuhan (17-21)
Dalam kotbahnya Petrus mengutip Yoel 2: 28-32, artinya Petrus hidup merenungkan firman. Dalam Yoel 2: 28-32 berisi tentang nubuatan tentang pencurahan Roh Kudus, Petrus percaya bahwa apa yang ia alami dengan murid-murid yang lain merupakan penggenapan dari nubuatan itu.

Petrus berani bersaksi tentang Kristus (22)
Ketika Yesus ditangkap, Petrus dan juga murid-murid yang lain takut dan bersembunyi. Alkitab mencatat Petrus menyangkal ketika orang-orang menunjuk dia sebagai salah satu murid Kristus. Ketika pola pikirnya diubahkan dia menjadi percaya, dan ketika dia percaya keberanian ada pada dirinya. Dia berdiri menyampaikan siapa Yesus, orang-orang takjub dan bertobat.

Petrus dipenuhi Roh Kudus (4)
Petrus penuh kuasa Kristus karena dia dipenuhi Roh Kudus, ini merupakan syarat utama untuk memiliki kuasa Yesus, yaitu kita harus dipenuhi oleh Roh Kudus.

Dari kebenaran di atas nyatalah bahwa kuasa Kristus bukanlah barang murahan yang diberikan kepada sembarang orang. Petrus dipenuhi oleh Roh Kudus karena ia mengarahkan pandangannya pada rencana Allah, dia percaya pada setiap firman yang telah ia terima, berani menyaksikan Kristus.

Jika anda rindu menjadi pribadi yang penuh Roh Kudus renungkan setiap kebenaran di atas, beri keleluasaan untuk Roh Kudus-Nya berkarya dalam diri saudara. Amin.

Sumber : http://www.mukjizat24jam.com

Tags: , ,

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: