Aksi Ricuh Tolak Pembangunan Gereja di Binjai

Ratusan massa yang tergabung dalam Forum Umat Islam Bersatu berunjuk rasa menolak pembangunan Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) di Kota Binjai, Sumatra Utara, Selasa lalu.

Aksi massa yang semula berjalan damai tiba-tiba berubah ricuh. Massa dari berbagai organisasi massa Islam ini berusaha melakukan penyerangan, namun langsung dihadang puluhan personel polisi anti huru-hara, menurut Liputan6.com.

Agar tidak terjadi bentrok fisik antara kedua pihak, ratusan aparat keamanan dari Brimob, Kepolisian Resor Kota Binjai dan jajaran Kodim Langkat langsung memblokade lokasi.

Ratusan massa jamaat Gereja HKBP yang tadinya hendak menghalau para penyerang segera dievakuasi dari gereja menggunakan truk Brimob. Massa yang semula hendak melakukan penyerangan langsung menghentikan aksinya dan membubarkan diri.

Aksi penolakan pembangunan gereja ini semestinya tidak akan terjadi jika pembangunannya memiliki izin. Protes warga sudah sering dilakukan, namun pembangunan Gereja HKBP terus dilakukan padahal izin belum keluar. Sementara itu, hari ini massa melanjutkan unjuk rasa ke kantor walikota menuntut agar pembangunan gedung gereja dihentikan selamanya.

Sumber : Christianpost

Tags: , , ,

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: