Presiden: Pertimbangan Naikkan BBM Bukan Politik Praktis

 

Jakarta, (Analisa)

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, jika kemudian pemerintah memutuskan untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) maka keputusan itu bukan merupakan politik praktis.

Hal tersebut dikemukakan oleh Presiden Yudhoyono pada pembukaan “The Asia Pacific Conference and Exhibition 2008 (Apconex) on Financial Transformation” di Jakarta Conventional Center (JCC), Rabu.

Menurut Kepala Negara, semenjak beredar kabar pemerintah mempertimbangkan menaikkan harga bahan bakar maka layanan SMS Center Presiden dibanjiri pesan singkat (SMS) dari publik. “Saya dapat SMS sangat banyak dari rakyat, minggu ini,” katanya.

Presiden mengatakan, ada SMS yang menganjurkan Presiden untuk menaikkan harga BBM setelah pemilihan presiden.

Menanggapi SMS itu, Kepala Negara mengatakan bahwa hal itu adalah pertimbangan yang salah karena jika keputusan menaikkan BBM diambil maka hal itu bukan merupakan keputusan politis.

Presiden menjelaskan, dampak dari globalisasi dan perekonomian dunia yang menjadi satu maka Indonesia terkena dampak akibat kenaikan harga minyak dunia.

“Jika dahulu pemerintah mensubsidi Rp4.000 per liter minyak tanah, saat ini harus mensubsidi Rp8.000 per liter,” katanya.

Namun, lanjut Kepala Negara, keputusan menaikkan harga BBM adalah jalan terakhir ketika semua cara telah dicoba.

“Kita akan pastikan kenaikan itu (sesuai) dalam prosentase, timing (waktu) dan (diikuti dengan) sejumlah target bantuan untuk melindungi golongan ekonomi lemah dari beban berat,” katanya.

Presiden mengatakan, perhatian tetap ditujukan pada upaya melindungi masyarakat ekonomi lemah.

Pemerintah, lanjut Presiden, telah menyiapkan sejumlah cara untuk melindungi masyarakat ekonomi lemah antara lain bantuan langsung melalui program beras murah serta pendidikan dan pengobatan gratis, bantuan pemberian dana PNPM Mandiri senilai hampir Rp3 miliar untuk setiap kecamatan dan kredit rakyat bagi para pengusaha kecil.

Jika mereka (masyarakat) memperoleh modal dan usahanya tumbuh maka perekonomian akan bergerak, katanya.

Harga minyak dunia yang terus bergerak naik, bahkan menembus harga 122 dolar AS per barel, mengganggu APBN karena meningkatnya subsidi bahan bakar yang harus diberikan pemerintah.

Tidak Terkait Pemilu

Sementara itu Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan kenaikan harga BBM yang akan diambil sama sekali tidak terkait dengan pemilu 2009.

“Kenaikan harga BBM murni untuk kepentingan rakyat, bukan kepentingan SBY-JK. Apalagi untuk kepentingan pemilu 2009,” katanya saat berdialog dengan para kader Gokar Kalimantan Timur di Balikpapan, Rabu malam.

Ia menjelaskan kenaikan BBM merupakan langkah yang tidak mengenakkan bagi siapa pun khususnya pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Jusuf Kalla mengingat beban masyarakat yang saat ini sudah berat.

Namun menurut Wakil Presiden, kenaikan itu tetap harus dilakukan meski sama sekali tidak populis.

“Langkah menaikkan harga BBM merupakan langkah yang baik meski menyakitkan dibandingkan jika pemerintah tidak melakukan apa-apa sama sekali,” katanya.

Wapres menegaskan kebijakan yang diambil itu semata-mata untuk menstabilkan situasi ekonomi nasional yang mau tidak mau terpengaruh dampak lonjakan harga minyak dunia yang menembus angka 100 dolar AS per barel sehingga menimbulkan krisis pangan dan energi secara global.

“Jadi kalau ada yang tidak setuju, kalau ada yang demo silakan, itu urusan lain,” katanya.

Sumber : Analisadaily

Tags: , , ,

One Response to “Presiden: Pertimbangan Naikkan BBM Bukan Politik Praktis”

  1. infogue Says:

    Artikel di Blog ini bagus dan berguna bagi para pembaca.Anda bisa lebih mempromosikan artikel anda di Infogue.com dan jadikan artikel anda topik yang terbaik bagi para pembaca di seluruh Indonesia.Telah tersedia plugin/widget.Kirim artikel dan vote yang terintegrasi dengan instalasi mudah dan singkat.Salam Blogger!!!

    http://politik.infogue.com/
    http://politik.infogue.com/presiden_pertimbangan_naikkan_bbm_bukan_politik_praktis

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: