Sakit Jantung dan Pencegahannya

Penyakit jantung dapat mengakibatkan kematian pada pria dan wanita, tapi hal tersebut dapat dicegah. Faktor Resiko penyakit jantung seperti keturunan, umur, dan ras memang tidak bisa dihindari. Namun Anda selalu dapat mengontrol pilihan gaya hidup Anda. Penyakit jantung dapat dicegah dengan menjalani gaya hidup jantung sehat.

Berikut ini ada 5 Strategi untuk mencegah penyakit jantung:
1. Jangan Merokok/mengkonsumsi produk tembakau.
Jika Anda perokok, maka berhentilah. Rokok itu berbahaya, walaupun dalam jumlah yang sedikit. Rokok tembakau mengandung lebih dari 4800 jenis bahan kimia. Sebagian besar bahan kimia ini dapat merusak jantung dan pembuluh darah dengan membuat pembuluh darah arteri menjadi sempit (atherosclerosis).
Atherosklerosis terutama dapat menyebabkan serangan jantung. Nikotin dalam rokok menyebabkan jantung bekerja lebih keras dengan konstriksi pembuluh-pembuluh darah (menyempit). Karbonmonoksida dalam rokok menggantikan oksigen dalam darah. Hal ini menyebabkan tekanan darah meningkat dengan memaksa jantung bekerja lebih keras untuk mensuplai oksigen yang cukup.
Wanita yang merokok dan minum pil KB memiliki resiko terkena serangan jantung atau stroke dibanding wanita yang tidak merokok dan tidak minum pil KB. Bahkan, resiko ini meningkat seiring dengan beftambahnya usia, terutama di atas 35 tahun.
Kabar baiknya adalah ketika berhenti merokok, resiko terkena penyakit jantung menjadi berkurang dalam satu tahun.

2. Olahraga
Olahraga baik untuk kesehatan. Secara rutin berolahraga dapat menurunkan resiko penyakit jantung yang fatal sebanyak 25% Hasil mengkombinasikan olahraga denga mempertahankan berat badan yang sehat akan lebih baik lagi.

3. Diet Jantung Sehat
Diet yang baik bagi jantung adalah diet yang rendah lemak dan tinggi serat. Dengan kata lain, secara konsisten mengkonsumsi buah , sayuran, gandum, dan produk rendah lemak dapat membantu melindungi jantung. Makanan rendah lemak dan beberapa tipe ikan dapat menurunkan resiko penyakit jantung.

4. Pertahankan Berat Badan Seimbang.
Saat beranjak dewasa, berat badan meningkat. Kenaikan berat badan ini dapat mengakibatkan resiko penyakit jantung melalui tekanan darah tinggi, kolestrol tinggi dan diabetes.
Ukuran pinggang juga dapat digunakan untuk mengetahui lemak abdomen (perut). Umumnya, pria disebut disebut kelebihan bert badan jika lingkar pinggang lebih dari 40 inchi dan wanita jika lebih dari 35 ichi. Bahkan, sedikit penurunan berat menguntungkan. Menurunkan berat badan 10% dapt menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolestrol darah dan mengurangi resiko diabetes.

5. Pemeriksaan Kesehatan
Tekanan darah tinggi dan kadar kolestrol tinggi dapat merusak sistem kardiovaskuler termasuk jantung. Namun, tanpa melakukan pemeriksaan, kita tidak akan mengetahui kelainan ini. Pemeriksaan kesehatan secara rutin akan memberikan kita, informasi mengenai kesehatan jantung apakah kita memerlukan pertolongan.
* Tekanan Darah.
Pemeriksaan tekanan darah rutin dimulai sejak kanak-kanak. Orang dewasa sebaiknya memeriksa tekanan darah minimal setiap 2 tahun sekali. Frekwensi pemeriksaan dapat ditingkatkan bila hasil pemeriksaan tidak normal atau memiliki resiko terhadap paenyakit jantung. Tekanan darah normal adalah 120/80 mmHg.
* Kadar Kolestrol
Orang dewasa sebaiknya mengukur kadar kolestrol minimal sekali dalam 5 tahun. Frekwensi pemeriksaan dapat ditingkatkan bila hasilnya tidak normal atau memiliki resiko terhadap penyakit jantung.

Penyakit jantung dapat dihindari. Menjalani gaya hidup jantung sehat tidaklah sulit dan tidak berarti bahwa Anda harus hidup sengsara. Bahkan, dengan menjalani kebiasaan jantung sehat dalam gaya hidup Anda, Anda akan dapat menikmati hidup yang lebih sehat tahun-tahun mendatang.

Sumber : berbagai sumber (dr. Ignatia ML,SpPK dan Tim PRODIA)

Tags: , ,

One Response to “Sakit Jantung dan Pencegahannya”

  1. dokter Anis Says:

    Tambahan info,

    Ada terapi kedokteran yang disebut dengan terapi khelasi EDTA (EDTA chelation therapy) yang dapat mencegah / menyembuhkan penyakit aterosklerosis serta jantung koroner. Silahkan baca juga buku yang berjudul Bypassing Bypass Surgery karya dr Cranton.

    Salam,
    dr Anis.

    Blog:
    WordPress.com
    Blogspot.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: