PENGHALANG DOA

Ada yang berdoa dengan tekun bertahun-tahun tetapi tak menyadari ada penghalang-penghalang yang membuat doanya tidak dijawab Tuhan. Tak ada jiwa yang tobat sekalipun ia sudah didoakan. Sudah doa dengan tekun, tapi tak mengalami babtisan Roh / berkat/ kesembuhan /kesucian, sebab doanya terhalang. Sebelum melangkah lebih jauh masuk dalam doa, kita harus menyingkirkan penghalang – penghalang tersebut. Bila tidak, doa kita akan sia-sia.

F O K U S
Penghalang doa yang harus kita singkirkan, yaitu : Hawa nafsu, dosa, kebencian, keraguan & godaan setan.

1. H A W A N A F S U ( Yakobus 4 : 3 )
Permohonan doa 2 orang bisa sama tapi dasarnya bisa berbeda. Doa A adalah
hawa nafsu & doa B tidak. Ilustrasi / kesaksian A & B berdoa minta kaya. A ingin kaya agar dapat berbangga diri, berfoya-foya. B ingin kaya agar lebih banyak waktu untuk melayani Tuhan ( tak disibuhkkan dengan kerja untuk kebutuhan hidup ). A & B berdoa minta pelayanan yang berhasil. A ingin jadi Pendeta tersohor yang dipuja – puja orang. B
ingin agar banyak jiwa dirampas dari api kekal & ingin membalas kasih Tuhan kepadanya

2. D O S A ( Yesaya 59 : 1 -2 )
Ikatan dosa yang dirahasiakan, orang lain tak tahu, tapi Tuhan tahu. Bukannya tak dapat lepas dari dosa, tetapi sayang dengan dosa itu. Sekalipun doa berjam – jam tak ada gunanya sebab doa tersebut terhalang. Macam – macam dosa, baik dosa kecil ( misal: kebiasan dusta )ataupun dosa besar, adalah penghalang. Perselingkuhan rahasia, korupsi rahasia dalam pekerjaan/pelayanan, miskipun kelihatan saleh.

3. K E B E N C I A N ( Markus 11 : 25 – 26 )
Luka batin / sakit hati / kepahitan / kebencian / dendam adalah akibat tidak mau mengampuni & melupakan. Seorang wanita diusir suaminya dan tetap mengenang kekejaman, suaminya, tak mau melupakan? mengampuni seumur hidup. Sekalipun ia berdoa 3 jam sehari & menjerit, doa tersebut terhalang!
Seorang anak yang ditolak sejak dari kandungan oleh orang tuanya atau waktu kecilnya diperlakukan dengan kejam, akan dendam. Kalau ia tak mau mengampuni orang tuanya,
doanya terhalang!

4. K E R A G U A N ( Yakobus 1 : 6 – 7 )
Dalam hati tak yakin jika Tuhan bisa lakukan hal besar pada kita. Keraguan ini terjadi karena tidak memandang Tuhan, tapi melihat diri sendiri yang terbatas, melihat lingkungan yang tak memungkinkan. Petrus disuruh Tuhan berjalan diatas air, selama ia memandang Yesus, ia dapat lakukan, tapi ketika ia melihat sekitarnya & dirinya, ia jadi bimbang (bagaimana mungkin yang mustahil ini bisa tejadi?) Lalu ia tenggelam.
Begitu juga doa yang dinaikkan dengan keraguan, akan menghalangi mujizat Tuhan berkerja dalam hidup kita.

5. S E T A N ( Daniel 10 : 2, 11 – 13 )
Doa Daniel terhalang selama 21 hari. Malaikat yang diutus untuk menjawab doanya dihalangi oleh setan penguasa Persia & bertempur selama 3 minggu. Bila kita sudah menguji diri & tak ditemukan hawa nafsu, dosa kebencian & keraguan yang menghalangi doa kita, maka pasti setanlah yang menghalangi doa kita. Masuklah doa peperangan rohani,singkirkan setan penghalang. Gunankan kuasa Nama Yesus & kalahkan setan.

Tags:

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: