Gempa 6,1 SR Goncang Padangsidimpuan dan Tapsel

Jalinsum Tapsel-Taput Putus Total

Padangsidimpuan, (Analisa)

Gempa berkekuatan 6,1 Skala Richter (SR) menggoncang Kota Padangsidimpuan dan Tapanuli Selatan, membuat masyarakat berhamburan keluar rumah, Senin (19/5) sekira pukul 21.25 WIB.

Menurut informasi yang diterima Analisa, pusat gempa berada pada 35 km barat laut Padangsidimpuan dengan kedalaman 10 km.

Gempa yang menguncang Padangsidimpuan dan Tapsel itu terjadi tiga kali. Pertama kali dirasakan pada pukul 21.25 WIB, kemudian sekitar pukul 21.27 WIB terjadi gempa susulan dengan kekuatan yang mulai berkurang dan pada 21.30 WIB kembali terjadi gempa susulan dengan kekuatan yang semakin mengecil dari yang pertama.

Akibat gempa itu, jalan yang menghubungkan Tapanuli Selatan dan Tapanuli Utara putus total dan sebuah rumah ibadah, sekolah dan sejumlah rumah penduduk hancur dan retak-retak.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini namun Mesjid Muhammadiyah, dua unit Sekolah dasar yakni SD Negeri 146979 Hutaimbaru dan SD Negeri Bulupa, belasan rumah, sebuah mesjid Muhammadiyah yang terletak tidak jauh dari pusat pasar Sipirok hancur.

Tenda Darurat

Pantauan Analisa di Padangsidimpuan dan perbatasan Tapsel-Taput, Selasa (20/5), sebagian masyarakat masih mendirikan tenda-tenda darurat di halaman rumahnya karena takut akan adanya gempa susulan.

Hingga pukul 17.00 WIB, warga belum berani kembali ke rumahnya dan memilih berkumpul di tempat-tempat terbuka seperti pasar. “Masyarakat trauma. Aktivitas masih terhambat. Masyarakat masih di jalan-jalan dan pasar,” ujar salah seorang warga.

Sementara kondisi jalan yang menghubungkan Tapsel dan Taput sampai berita ini diturunkan, belum bisa dilewati karena lobang besar menganga di tengah badan jalan, dan untuk sementara kendaraan yang melintas menuju Medan dialihkan dari Kabupaten Labuhan Batu.

Puluhan aparat kepolisian dari resort Tapanuli Selatan dan Utara serta tim bencana alam, siaga di lokasi kejadian guna membantu masyarakat yang tertimpa musibah gempa.

Tags: , ,

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: