Wanita Selamat setelah 9 Hari Terperangkap dalam Terowongan Pembangkit Listrik

Korban Tewas dan Hilang Capai Lebih 70.000 Orang

Qingchuan, (Analisa)

Seorang wanita yang terperangkap di sebuah terowongan di sebuah pembangkit tenaga listrik diselamatkan hari Rabu (21/5), sembilan hari setelah gempa melanda China Tengah.

Wanita itu ditemukan di kota Hongbai di Provinsi Sichuan, lapor kantor berita Xinhua, tanpa memberikan rincian lebih lanjut. Dia merupakan orang pertama yang ditemukan dalam keadaan hidup hari Rabu dan satu-satunya yang dilaporkan diselamatkan dalam 24 jam terakhir.

Sejauh ini angka kematian dan jumlah orang hilang mencapai lebih 70.000 orang, dan 247.000 lainnya cedera.

Sekitar lima juta orang kehilangan tempat tinggal akibat gempa berkekuatan 7,9 pada Skala Richter (SR) itu.

Di pedalaman, banyak petani sekarang hidup di perkemahan tempat-tempat berlindung darurat karena rumah mereka rusak berat atau tidak aman untuk ditinggali. Para pejabat mengatakan tiga juta tenda diperlukan.

Tanda-tanda keadaan normal telah kembali di kawasan yang dilanda gempa, karena banyak sekolah dibuka kembali hari Rabu di Sichuan, tapi hujan dan kurangnya tenda menggarisbawahi tugas besar yang dihadapi pemerintah dalam melindungi jutaan korban yang kehilangan rumah.

Hujan lebat yang diramalkan mengguyur China Baratdaya mengancam akan mengacaukan upaya-upaya pertolongan serta meningkatkan bahaya bobolnya bendungan-bendungan di kawasan-kawasan yang diguncang gempa, di mana tenda-tenda menjadi barang yang paling diminati.

Tenda

Ribuan gempa susulan dan ramalan akan turunya hujan lebat semakin menambah kesulitan bagi militer, pemerintah dan pekerja swasta daslam usaha mengirim bantuan.

“Yang paling dibutuhkan kini adalah tenda,” kata Wang Falan, yang tinggal bersama keluarga jauhnya berjumlah 11 orang di dua tempat berlindung darurat.

“Mereka juga kekurangan beras dan minyak goreng. Saya tidak tahu apa yang kami akan lakukan jika keadaan ini berlarut-larut.”

Hampir seluruh penduduk Shifang, sebuah kota kecil dekat Chengdu, tidur di udara terbuka Selasa malam (20/5) meski diguyur hujan.

PM Wen Jiabao memerintahkan pengiriman 250.000 unit perumahan darurat — struktur baja sederhana yang biasanya digunakan oleh para pekerja konstruksi — ke kawasan gempa menjelang 30 Juni dan jumlahnya harus mencapai satu juta dalam tiga bulan, kata media pemerintah.

Menyadari adanya ancaman penyakit, para petugas pertolongan terus menyemprotkan kota-kota dan desa-desa yang hancur dengan obat pembasmi kuman dan kapur. Kantor berita Xinhua melaporkan lebih 5.000 pekerja penanggulangan wabah dikirim ke 125 desa di Sichuan.

Dikatakannya, dana bantuan kemanusiaan dan sumbangan-sumbangan sebesar 25 miliar yuan (3,6 miliar dolar AS) dari dalam dan luar negeri sejauh ini telah disalurkan untuk upaya pertolongan dan penyelamatan.

Tags:

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: