Zaenal, Manusia Akar dari Lampung Mulai Jalani Operasi

Jakarta, (Analisa)

Setelah menunggu beberapa lama, manusia akar dari Lampung Zaenal 39) akhirnya menjalani operasi yang pertama di RS Pusat Angkatan Darat, Gatot Soebroto, di Jakarta, Senin.

Operasi dilaksanakan sekitar pukul 07.00 Wib oleh tim medis RSPAD Gatot Soebroto yang dipimpin Letkol Dr Asrofi S Surachman.

“Operasi ini merupakan langkah yang harus dijalani. Meski tidak menimbulkan kematian, namun jika tidak dioperasi maka penyakit ini akan menimbulkan gangguan fungsi organ seperti jari-jari tangan dan kaki,” katanya, sesaat sebelum melakukan operasi.

Ia menambahkan, penyakit yang diderita Zaenal dalam istilah medis disebut Verruca Generalisata ditandai dengan tonjolan kecil di punggung jari tangan, paha, punggung jari kaki.

“Sampai saat ini belum diketahui secara pasti mengapa pada orang-orang tertentu rentan terhadap Virus Human Papilloma hingga di sekujur tubuhnya tumbuh tonjolan-tonjolan kecil hingga menyebabkan penurunan daya imunitas, tambah Asrofi.

Ia mengatakan, operasi akan dilakukan secara bertahap dan berlanjut atau dalam istilah bedah plastiknya disebut teknik serial exsici dengan jangka waktu paling cepat tiga pekan.

“Waktu tiga pekan ini, untuk memberikan kesempatan kepada donor kulit yang telah diambil tumbuh kembali hingga siap diambil kembali. Dan untuk mengambil seluruh tonjolan kulit yang ada di sekujur tubuh pasien memerlukan sebelas kali operasi,” katanya.

Tags: ,

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: