MENGHADAPI KEKECEWAAN

Kecewa tidak lebih dari sekedar harapan yang hancur. Ketika orang terlalu banyak berharap pada suatu hal atau kepada orang lain, kecewa tidak dapat dihindari. Orang dan persoalan akan selalu mengecewakan kita.

Tidak ada salahnya kita merasa kecewa, tapi harus tahu apa yang akan kita lakukan dengan perasaan itu atau hal ini akan berdampak serius. Musuh akan menipu kita dengan kekecewaan sebisa mungkin. Dan akan bisa menumbuhkan benih ketakutan. Dari sini, dia bisa menabur tekanan, dan sebagainya.

Berikut ini adalah susunan tingkatan D dari si jahat:

1. Disappointment = Kekecewaan
2. Discouragement = Ketakutan
3. Depression = Tekanan
4. Despondency = Kesedihan
5. Despair = Keputusasaan

Kekecewaan akan menimbulkan ketakutan, kemudian tekanan, kemudian kesedihan, dan kemudian keputusasaan. Keputusasaan terjadi saat orang telah kehilangan semua harapan dan ada kecenderungan untuk bunuh diri.

Jika Anda masih merasa kecewa akan harapan yang belum tercapai, saya ingatkan, bahwa Tuhan yang berkuasa penuh dan Dia tahu pasti keberadaan Anda. Jika Anda lahir baru sebagai anak-anak dari Tuhan Yang Maha tinggi, maka Dia menjaga kita. Yesus berkata, “Janganlah kuatir akan hidupmu (Matius 6:25) dan Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga (Filipi 4:6).

Tuhan tidak ingin kita kuatir. Dia ingin kita percaya kepadaNya karena Dia memiliki rencana yang indah bagi hidup kita (Yeremia 29:11). Ya, hati manusia memikir-mikirkan jalannya, tetapi TUHANlah yang menentukan arah langkahnya (Amsal 16:9).

Ingat, kekecewaan tidak lebih dari sekedar harapan tertunda. Jangan terlalu berharap pada sesuatu atau orang. Orang dan persoalan itu bisa salah. Hanya Tuhan yang tidak pernah salah. Percayalah kepadaNya dengan segenap hati dan janganlah bersandar pada pengertianmu sendiri, Karena Dia membuat segala sesuatu indah pada waktunya sesuai dengan rencanaNya bagi hidup kita (Amsal 3:5 ; Roma 8:28). (DK)

TUHAN YESUS MEMBERKATI

Sumber: secretplaceonline

Tags:

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: