Renungan Blessing, 29 Mei 2008

Jangan Sembarang Meniru
3 Yohanes 1:5-12

“Saudaraku yang kekasih, janganlah meniru yang jahat, melainkan yang baik. Barangsiapa berbuat baik, ia berasal dari Allah, tetapi barangsiapa berbuat jahat, ia tidak pernah melihat Allah” (3 Yohanes 1:11)

Meniru perilaku seseorang secara mentah-mentah bisa menimbulkan pengalaman yang tidak menyenangkan. Hal ini pernah dialami oleh orang-orang yang diundang makan malam oleh presiden Coolidge di Gedung Putih.

Sebagai orang awam, mereka tidak tahu etiket di meja makan pada acara resmi. Karena itu mereka sepakat untuk menirukan semua yang dilakukan oleh tuan rumah, yaitu presiden Coolidge. Semua berjalan lancar sampai ketika sajian kopi dihidangkan. Presiden Coolidge lalu menuangkan kopi ke atas piring lépék. Para tamu melakukan hal yang sama. Presiden menambahkan gula dan krim. Para tamu juga menirukan. Kemudian Presiden membungkukkan badan dan menyodorkan piring lépék itu pada kucing peliharaannya!

Rasul Yohanes menulis peringatan kepada Gayus, “Jangan meniru yang jahat, melainkan yang baik.” Mengapa Yohanes menulis demikian? Karena di jemaat ada seorang bernama Diotrefes yang tidak mengakui kewibawaan penatua. Dia menganggap diri lebih berkuasa dan menolak menerima misionaris(seperti Yohanes dkk). Dia bahkan mengusir orang yang mau menerima misionaris.

Pada akhir zaman ini akan ada banyak pemimpin yang memikat kita untuk mengikutinya. Yang menyulitkan kita, apa yang ditawarkan olehnya itu kelihatannya baik dan “kristiani.” Kita menjadi bingung membedakannya. Tapi jangan cemas, Yesus sudah memberikan pedomannya, yaitu dengan melihat buahnya (Mat. 12:33) [Purnawan]

SMS from God: Kompas hidup kita adalah Alkitab. Dengan mengerti firman Tuhan, hidup kita tak akan kehilangan arah.

Sumber : gbihfc.org

Tags: ,

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: