Bank Dunia: Jakut Terancam Banjir Bandang 3-4 Juni 2008

Jakarta, (Analisa)

Bank Dunia mengingatkan, wilayah Jakarta Utara berpotensi mengalami banjir bandang pada tanggal 3 dan 4 Juni 2008, terutama pada malam hari, karena siklus pasang air laut pada setiap 18 tahun dan diperburuk oleh penyusutan tanah di kota Jakarta akibat penggalian sumur bawah tanah.

“Banjir ini bukan karena hujan tetapi karena pasangnya air laut sehingga kemungkinan besar hanya terjadi di kawasan utara Jakarta,” kata Spesialis Infrastruktur Utama Bank Dunia untuk Indonesia, Hong Joo Hahm, di Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan, pada saat puncak terjadinya pasang di dua hari tersebut, air laut diperkirakan bisa mencapai ketinggian 1,21 meter di atas ketinggian tanah di wilayah batas utara Jakarta sehingga tidak cukup jika hanya dihalangi dengan karung pasir.

“Harus ada langkah-langkah serius diambil, yaitu dengan membuat sistem pertahanan yang kokoh, seperti tanggul,” katanya.

Dia juga memperkirakan, jalan tol Prof Sedyatmo ke Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng kembali akan digenangi air, sehingga pihak Jasa Marga selaku pengelola jalan tol diperkirakan bekerja keras menyelesaikan pemasangan lembaran beton (sheet pile) sebelum bulan Mei berakhir.

Hahm juga menyatakan, bahwa anomali air laut tersebut tidak dipengaruhi oleh masalah perubahan iklim yang saat ini tengah terjadi di beberapa kawasan di dunia

“Anomali laut ini tidak terpengaruh masalah perubahan iklim, namun dia memperburuk fenomena alam lainnya seperi La Nina dan El Nino,” katanya

Sedangkan terkait penyusutan tanah di Jakarta, Hahm mengatakan, pihaknya mencatat terjadi laju penyusutan tanah sebesar 1,2 meter sejak 1994.

“Itu berdasarkan pengamatan dari Pasar Ikan,” katanya.

Tags: ,

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: