Bank Dunia: Setiap Tahun Tanah Jakarta Turun 4-6 Cm

Jakarta, (Analisa)

Bank Dunia menyebutkan bahwa setiap tahun wilayah Jakarta mengalami penurunan tanah sekitar 4-6 cm karena penggalian air tanah yang berada pada tahap yang mengkhawatirkan.

“Penggalian air tanah terparah dilakukan industri yang bisa menggali hingga lebih dari 100 meter ke bawah tanah, seperti industri di kawasan Cengkareng,” kata Spesialis infrastruktur utama Bank Dunia untuk Indonesia, HongJoo Hahm, di Jakarta, Kamis.

Sedangkan sejak 1994, katanya, tanah di Jakarta sudah menyusut hingga 1,2-1,5 meter sehingga Jakarta telah mengalami kebanjiran selama beberapa kali dalam rentang waktu 14 tahun terakhir itu.

“Hanya 55 persen penduduk Jakarta yang mendapat akses air pipa (PAM), sedangkan sisanya terpaksa mengambil dari air tanah. Tapi itu tidak separah industri,” jelasnya.

Oleh karena itu, dia mengusulkan pemerintah untuk menegakkan aturan yang jelas terkait pemanfaatan air tanah oleh industri, serta memperbanyak akses air minum bagi masyarakat.

“Yang dibutuhkan adalah uang, determinasi dan komitmen,” katanya.

Penyelesaian holistik lainnya, dijelaskan Hahm, juga terkait dengan pengelolaan sampah padat serta sanitasi.

“Hanya tiga persen penduduk Jakarta memiliki akses ke got, padahal lahan bawah tanah di Jakarta didominasi ‘septic tank’, sehingga kurangnya got, mengakibatkan air tanah menjadi terkontaminasi,” katanya.

Sementara itu, Deputi Kemeneg PPN/Bappenas bidang Sumber Daya Alam Umiatun Sri Hastuti mengatakan, pihaknya menengarai adanya pelanggaran-pelanggaran terhadap Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal).

“Sudah ada Amdal, tapi ditegakkan atau tidak? Suatu kota idealnya berapa penduduknya, rumahnya berapa. Jika sanitasi tidak jalan, kesehatan masyarakat terancam,” katanya.

Tags: ,

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: