Gempa Susulan di China Bisa Terjadi Sampai Beberapa Tahun

Sydney, (Analisa)

Wilayah Sichuan yang porak-poranda gempa di China diperkirakan bisa diguncang oleh gempa-gempa susulan selama beberapa pekan, bulan dan bahkan selama beberapa tahun, tapi kekuatan gempa-gempa susulan itu, di mana salah satunya sudah menghancurkan sekitar 420.000 rumah, secara lamban laun akan menurun, kata para ahli seismologi.

Sejak gempa berkuatan 7,9 skala Richter (SR) 12 Mei lalu yang menewaskan lebih 68.000 orang, serangkaian gempa susulan terjadi di garis patahan sepanjang 250 kilometer yang membentang dari baratdaya ke timurlaut di luar Chengdu.

Para ahli seismologi mencatat sekitar 150 gempa susulan diatas kekuatan 4 SR, denganyang tertinggi mencapai 6 SR. Mereka memperingatkan gempa susulan kuat berkekuatan sekitar 6,9 SR masih mungkin terjadi.

“Saya kira kami sangat beruntung karena gempa berkuatan 7,9 SR itu tidak diikuti gempa susulan lebih 6 SR. Peluangnya masih ada, tapi seiring perjalanan waktu gempa susulan akan berkurang,” kata Gary Gibson, direktur Pusat Seismologi Internasional di London.

China telah mengevakuasi lebih 150.000 orang yang tinggal di bawah danau Tangjiashan yang meluap, salah satu dari 35 danau yang terbentuk oleh gempa, di tengah kekhawatiran danau itu jebol dan menimbulkan banjir hebat.

Para ahli seismologi mengatakan durasi dan kekuatan gempa-gempa susulan tergantung pada ukuran gempa utama dan kedalaman episenternya. Lebih besar dan lebih dalam gempa utama, akan lebih kuat pula gempa susulannya dan lebih lama pula durasinya.

“Tidak ada cara untuk memprediksi durasi gempa-gempa susulan,tapi gempa-gempa susulan bisa berlangsung selama bertahun-tahun,” kata Adam Pascale dari Pusat Riset Seismologi di Australia.

“Saya dapat membayangkan mereka akan mengalami gempa-gempa susulan yang kuat selama beberapa bulan dan kemudian gempa dalam rentetan itu akan berlanjut selama bertahun-tahun,” kata Pascale.

Tags:

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: