Desainer Yves Saint Laurent Tutup Usia

Jakarta Dunia mode berduka. Salah satu desainer terbaiknya, Yves Saint Laurent berpulang di usia 71 tahun.
Yves Saint Laurent

Yves Saint Laurent yang terkenal dengan label YSL tersebut meninggal Minggu sore waktu Paris. Yves pensiun dari rumah modenya tahun 2002 karena menderita berbagai penyakit.

Perancang berkebangsaan Prancis tersebut lahir 1 Agustus 1936. Ia mengawali karirnya pada usia 17 tahun di rumah mode Christian Dior. Saat Christian Dior meninggal, Yves yang ketika itu berusia 22 tahun diminta untuk menyelamatkan label Dior dari kehancuran.

Baru mencicipi sukses sebagai perancang, Yves terpaksa mengikuti wajib militer dalam perang Algeria. Setelah 20 hari bertempur di medan perang Yves mengalami stress berat dan dirawat di rehabilitasi mental di Prancis.

Bangkit dari kejatuhan tersebut Yves kembali ke dunia mode. Bersama rekannya, Pierre Berge, ia memulai labelnya sendiri, YSL.

Tahun 2002 silam, Yves menyatakan pensiun dari dunia mode untuk mengatasi ketergantuannya terhadap obat. Ia juga diketahui sering mengalami depresi karena kesepian.

“Saya mengenal ketakutan dan kesendirian. Obat-obatan dan teman palsu itu. Penjara depresi dan rumah sakit. Saya berhasil keluar dari itu semua, silau tapi sadar,” ucap yves semasa hidupnya.

Sumber : Detikhot

Tags:

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: