Membangun Citra Diri yang Benar

Membangun Citra Diri yang Benar
Oleh : Ps. Indri Gautama

Tuhan kita adalah Tuhan yang baik. Ia telah menyediakan segala sesuatu yang kita butuhkan: kemenangan, sukacita, pengurapan dan kelimpahan untuk kita bisa hidup, bukan sekedar rutin menjalankan tugas setiap hari, tapi hidup dalam segala kepenuhannya (Yohanes 10:10b). Ini artinya bahwa Tuhan telah mendepositokan benih kebesaran yang dapat membuahkan segala berkat dalam diri kita.

“Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus yang dalam Kristus telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam sorga.” (Efesus 1:3)

Alkitab dengan jelas menuliskan bahwa Anda telah dikaruniai segala berkat rohani: hikmat, pengertian dan kemenangan. Namun mengapa Anda tidak memperolehnya? Benih kebesaran tersebut tidak dapat termanifestasi dalam kehidupan Anda karena pikiran dan perkataan Anda tidak selaras dengan pikiran dan perkataan Tuhan mengenai Anda.

Citra diri Anda terbentuk dari pikiran dan perkataan akan diri Anda. Pikiran dan perkataan positif akan membangun Anda; sebaliknya pikiran dan perkataan negatif akan membuat Anda lupa sama sekali akan janji Tuhan dan akhirnya menghancurkan hidup Anda.

Karena itu, sangat penting untuk melihat semua tantangan Anda dari perspektif Allah. Melalui kacamata Allah, semua yang Anda hadapi bisa berubah (2 Korintus 4:18). Tuhan melihat diri Anda lebih dari pemenang, ahli waris kerajaaan sorga, kepala dan bukan ekor, sukses dan tidak gagal, memiliki kelimpahan dan tidak kekurangan.

Mayoritas kegagalan dalam hidup seseorang disebabkan oleh buruknya citra diri yang dimiliki orang tersebut atas dirinya. Lalu bagaimana memperbaiki kehidupan yang buruk dan gagal oleh karena citra diri yang salah yang Anda milki selama ini? DENGAN MEMPERKATAKAN HAL-HAL POSTIF SESUAI FIRMAN TUHAN MENGENAI DIRI ANDA. Firman Tuhan adalah identitas orisinil Anda yang Tuhan mau kita peluk.

People who have poor self-images will shy away from success.

Orang yang bercitra diri buruk akan menjauhkan diri dari kesuksesan.
– John C. Maxwell

Perkataan Firman Tuhan yang Anda akui setiap hari mengenai siapa Anda dalam Kristus seperti benih yang masuk dalam hidup kita. Benih itu akan berakar, tertanam dan berbuah; membentuk sebuah potret baru di dalam batin kita. Potret baru ini akan menghapus semua potret citra diri yang lama dan salah dalam hidup kita, sehingga kita dapat melihat seperti Tuhan melihat kita.

Kita dapat simpulkan bahwa perkataan Anda menentukan destinasi dan arah hidup Anda. Perkataan Anda setiap hari dapat memberkati atau mengutuki hidup Anda sendiri. Karena itu ucapkan kata-kata yang sejalan dengan Firman Tuhan, pakai gambaran citra diri Anda yang baru yang sejalan dengan firman Tuhan. Katakan: ”Saya diurapi. Saya berhikmat dan bijaksana. Saya kreatif. Saya sukses!”.

Hal yang terpenting adalah bagaimana Anda melihat diri Anda sendiri.

Hal yang terpenting adalah bagaimana Anda melihat diri Anda sendiri.
Kita dapat menghapus semua citra diri yang salah dengan kata-kata iman. Betapa pentingnya perkataan Anda. Karena itu perkatakan hal-hal yang positif setiap pagi dalam kehidupan Anda. Perkatakan benih-benih kebesaran yang Allah telah berikan dalam kehidupan Anda.

Mari umat Tuhan, lihatlah benih kebesaran yang telah ditaruh Tuhan dalam kehidupan Anda … yang menjadikan dengan firman-Nya apa yang tidak ada menjadi ada (Roma 4:17), sehingga Anda mampu melihat hal-hal yang baik bagi masa depan Anda.

Ingat!! Tak seorang pun dapat menghentikan Anda menjadi seperti yang Allah kehendaki kecuali Anda sendiri.

Dalam kasih-Nya,
Maria Magdalena Ministries
http://www.mmmindo.org

Tags:

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: