Menuju Penggenapan

Oleh : Ps Dominic Yeo

Seseorang dikatakan sukses ketika ia menggenapi destinasi yang Tuhan tetapkan bagi hidupnya. Sukses adalah suatu cara hidup, bukan sekedar konsep. Demikian juga penggenapan adalah suatu kondisi kehidupan. Sayangnya banyak orang yang hidup dan mati hanya sekedar menjadi potensi saja. Dan banyak di antara kita puas sekedar disebut sebagai orang yang berpotensi.

Tuhan tidak mau kita hanya menjadi orang berpotensi. Yesus pun memberi contoh melalui kehidupan-Nya di bumi, di atas kayu salib Yesus berkata: “Sudah selesai!” (= sudah tercapai, sudah genap, sudah terpenuhi). Berarti Yesus telah menjalankan kehidupan sampai tingkat penuh dengan menggenapi apa yang Allah Bapa kehendaki dalam hidup-Nya.

Mempunyai kehidupan dengan penggenapan sampai batas titik tertinggi potensi yang Anda miliki merupakan suatu kerjasama antara Anda dan Tuhan. Tanpa Tuhan kita tidak mampu, tanpa kita Tuhan tidak mau. Dari Matius 14:15-21, kita bisa belajar mengaplikasikan tiga hal untuk mempunyai kehidupan dengan penggenapan potensi:

“Menjelang malam, murid-murid-Nya datang kepada-Nya dan berkata: “Tempat ini sunyi dan hari sudah mulai malam. Suruhlah orang banyak itu pergi supaya mereka dapat membeli makanan di desa-desa.” Tetapi Yesus berkata kepada mereka: “Tidak perlu mereka pergi, kamu harus memberi mereka makan.” Jawab mereka: “Yang ada pada kami di sini hanya lima roti dan dua ikan.” Yesus berkata: ”Bawalah ke mari kepada-Ku.” Lalu disuruh-Nya orang banyak itu duduk di rumput. Dan setelah diambil-Nya lima roti dan dua ikan itu, Yesus menengadah ke langit dan mengucap berkat, lalu memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, lalu murid-muridNya membagi-bagikannya kepada orang banyak. Dan mereka semuanya makan sampai kenyang. Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti yang sisa, dua belas bakul penuh. Yang ikut makan kira-kira lima ribu laki-laki, tidak termasuk perempuan dan anak-anak.”
(Matius 14:15-21)

1. Mengakui Kebutuhan Anda akan Penggenapan

Murid-murid Yesus datang kepada-Nya dan berkata: ”hari sudah mulai malam dan tempat ini terpencil…” Sebenarnya mereka sedang mengakui kebutuhan dan keadaan mereka dengan berkata bahwa pada dasarnya mereka tidak punya ide, tidak punya strategi untuk menangani ribuan orang itu.

Sama seperti para murid, kita pun perlu datang kepada-Nya dan mengakui kelemahan kita. Ketahui, bahwa Yesus adalah kunci untuk transformasi keadaan kita. Yesus akan memberi instruksi kepada Anda apa yang harus dilakukan, bagaimana mengerjakannya

2. Bertindak dalam Ketaatan

Pada waktu Yesus memberikan instruksi pada murid-murid-Nya supaya orang banyak itu jangan disuruh pulang tetapi para murid lah yang harus memberi makan, maka murid-murid-Nya melangkah dalam ketaatan (ayat 17-18). Alkitab mencatat dalam empat buku Injil, bahwa murid-murid-Nya tidak memberontak, tidak ragu-ragu, tetapi begitu mereka mendengar perintah Yesus, mereka bergegas menemukan lima roti dan dua ikan. Mereka tidak mempertanyakan ide Tuhan dan tindakan-tindakan Yesus.

Kalau Anda mau melangkah masuk ke dalam penggenapan, Anda harus mengambil tindakan ketaatan. Taat pada instruksi Tuhan, perhatikan Firman Tuhan, percayai Firman Tuhan.

3. Serahkan Hidup Anda kepada Yesus

Roti dan ikan di tangan para murid tidak ada gunanya, tetapi roti yang berada di tangan Yesus dan diberkati oleh-Nya berubah menjadi penggenapan-penggenapan (ayat 19). Lima roti dan dua ikan hanya sekedar potensi jika tidak diserahkan kepada Tuhan Yesus.

Seperti para murid, ketika Anda menyerahkan hidup Anda, mimpi Anda kepada Yesus, Tuhan memiliki cara untuk memutar-balikkannya.. Kendalanya adalah, kita berontak pada Tuhan dan memaksakan mimpi-mimpi dan ambisi pribadi kita terjadi. Selama kita tarik-menarik dengan Tuhan seperti ini, kita tidak bisa melangkah ke dalam penggenapan. Kita tinggal sebagai potensi.

Kehendak Tuhan adalah Anda menjadi penggenapan dari janji-janji Allah. Allah punya rencana yang spesifik bagi hidup Anda.

Dalam kasih-Nya,
Maria Magdalena Ministries
http://www.mmmindo.org

Tags:

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: