Renungan Profesional, 02 Juni 2008

HEMAT TANDA BERHIKMAT
Monday, 02 June 2008
“Mengapakah kamu belanjakan uang untuk sesuatu yang bukan roti, dan upah jerih payahmu untuk sesuatu yang tidak mengenyangkan? Dengarkanlah Aku maka kamu akan memakan yang baik dan kamu akan menikmati sajian yang paling lezat” (Yesaya 55:2).

Profesional, awal tahun ini, saya dikirimi kalender oleh sebuah kampus. Di kalender meja itu tercetak kata-kata mutiara yang berbunyi, “Never spending your money before you have it!” Kata-kata itu terasa sangat tepat di zaman ini saat orang-orang cenderung memakai kartu kredit tanpa memikirkan konsekuensinya. Saya dengar ada seorang yang sampai memiliki puluhan kartu kredit dan akhirnya terlilit hutang serta tidak bisa bayar.

Mengapa orang bisa terjebak oleh jerat hutang kartu kredit? Pertama, banyak orang yang memiliki kartu kredit bukan untuk kemudahannya saja, tetapi untuk gengsi. Apalagi saat ini ketika bank-bank mempermudah pemberian kartu kredit mulai Silver, Gold sampai Platinum. Kedua, dengan tidak membayar secara kontan, orang seringkali lupa bahwa uangnya di bank tidak cukup untuk membayar tagihan kartu kreditnya, sehingga “Lebih besar pasak daripada tiang” benar-benar menimpanya. Ketiga, jika satu kredit diblokir, dia masih bisa memakai kartu kredit lainnya, sehingga lubang yang dia ciptakan semakin besar dan dalam sehingga membuatnya sulit melompat keluar dari jurang hutang.

Profesional, itulah sebabnya mengapa pepatah kuno “Hemat pangkal kaya” masih tetap berlaku sampai sekarang. Jika Anda memiliki kartu kredit, gunakan seperlunya. Ingat betul batas kreditnya dan jangan dilanggar. Bayar lunas secepat mungkin karena tunggakan kartu kredit biasanya cukup tinggi. Bila takut lupa membayar, pakai saja fasilitas auto debet. Selamat berhemat dan rasakan manfaatnya. (Xavier).

Doa: Bapa, terima kasih atas teguran-Mu lewat renungan pada hari ini. Ajar aku untuk bertanggung jawab dengan berkat yang Engkau berikan.

Sumber : gbihfc.org

Tags:

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: