Renungan Wanita, 02 Juni 2008

Kristen Gereja
Monday, 02 June 2008
Kejadian 39:1-10
“Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia” (Kolose 3:23)

Satu kali saya mendengar seorang pembicara di gereja berkata, “Saya kalo di gereja gak berani bohong. Tapi kalo di tempat praktik ya saya atur supaya klien saya datang terus. Jadi kan mereka kudu bayar terus.” Ucapannya ini diikuti dengan tawa renyah dari pendengar.

Saya gak tahu apakah pembicara ini hanya bercanda atau memang serius. Jika dia bercanda, ya syukurlah. Jika dia sungguh-sungguh dengan apa yang dikatakannya, hmmm… apakah memang orang Kristen yang lain juga bersikap demikian? Apakah itu yang menyebabkan orang Kristen yang mendengar perkataannya tertawa? Apakah karena mereka menertawakan perilaku mereka?

Kebanyakan orang Kristen masih membagi hidupnya menjadi dua bagian. Ada dikotomi dalam diri orang Kristen. Hari Senin sampai Sabtu menjadi orang Kristen duniawi. Dan hari Minggu jadi orang Kristen gereja. Jika kita membiasakan diri untuk hidup dalam dikotomi seperti ini, maka kekristenan kita hanya akan menjadi agama dan kita tidak ada bedanya dengan orang-orang lain yang tidak mengenal Tuhan secara pribadi.

Sebaliknya, bila kita memahami bahwa setiap detik kehidupan kita sepenuhnya kita serahkan dan lakukan hanya untuk Tuhan – tanpa membedakan apakah kita sedang berada di gereja atau di luar gereja – maka kekristenan kita akan bertumbuh dan berakar makin kuat. Badai sebesar apa pun tak akan pernah mengenyahkan kasih kita kepada Tuhan.

Yusuf sudah mengalami hal terburuk dalam hidupnya. Tapi ia tetap hidup benar di dalam Tuhan (Kejadian 39:9b). Yusuf tidak membedakan apakah ia sedang berada di rumah ayahnya atau ia rumah orang Mesir. Yusuf tahu bahwa apa pun yang ia lakukan, semua hanya untuk Tuhan. Dia tidak hanya mengasihi Tuhan di rumah ayahnya. WANITA, bagaimana dengan kita? (manna)

Doa : Aku mau taat dan mengasihi-Mu dimana pun aku berada agar aku lebih kuat menjalani hidupku

Sumber : gbihfc.org

Tags:

Leave a Reply

