Renungan Wanita, 04 Juni 2008

Ingin Cantik
Wednesday, 04 June 2008
Hakim-hakim 17:1-6

”Segala jalan orang adalah bersih menurut pandangannya sendiri, tetapi Tuhanlah yang menguji hati” (Amsal 16:2)

Umur mereka sekitar 5-9 tahun. Mereka tinggal di sekolah berasrama di pedalaman Papua. Tiap pagi, setelah mandi (walau suhu udara sekitar 15 derajat Celcius), mereka membedaki wajah mereka. Putihnya bedak menghiasi kulit wajah mereka yang gelap.

Merasa perlu untuk membenahi wajah mereka dari belepotan, saya segera mengulurkan tangan dan merapikan bedak hingga merata. Gigi indah para gadis cilik itu menghiasi wajah mereka. Tanpa kata, mereka lari meninggalkan saya.

Sejenak kemudian, mereka kembali dengan wajah yang belepotan bedak putih. Ouch….Setelah tinggal beberapa saat, saya baru mengerti. Bagi para gadis cilik itu, pakai bedak belepotan dapat membuat cantik. Bagi saya, jadi berantakan. Hehehe…. beda sekali, ya? Tapi itulah kenyataan.

WANITA, demikian halnya yang dilakukan oleh Mikha dan ibunya dalam bacaan kita hari ini. Bagi Mikha maupun ibunya, apa yang diperbuat mereka sudah tepat. Mereka tidak berpikir bahwa hal itu dapat mendukakan hati Tuhan. Bukankah ada perintah: Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apa pun yang ada di langit…. (Keluaran 19:4)? Toh Mikha dan ibunya melakukan hal itu juga. Sedangkan Tuhan tentu punya cara pandang tersendiri terhadap apa yang dilakukan oleh Mikha dan ibunya.

Tidak beda dengan kita. Acapkali kita merasa bahwa apa yang kita lakukan udah benar, tapi sesungguhnya Tuhan yang tahu persis apakah yang kita lakukan itu benar di hadapan-Nya atau tidak.

WANITA, kita butuh hikmat-Nya dalam melakukan segala perkara dalam hidup kita, termasuk saat kita memutuskan untuk berhubungan dengan lawan jenis, melakukan suatu pekerjaan, bahkan memutuskan untuk ikut dalam sebuah pelayanan, dan sebagainya. Jangan sampai apa yang kita anggap benar ternyata hanya benar sesuai dengan pandangan kita sendiri. (manna)

Doa : Kuperlu hikmat-Mu agar tak salah dalam menjalani hidupku

Tags:

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: