Konsultasi Nasional Gereja & LPK Digelar

KONAS Lembaga Pelayanan kristen

JAKARTA – Sebuah perhelatan besar yang mengikutsertakan para pemimpin Gereja tingkat nasional, Lembaga Pelayanan Kristen dan berbagai elemen masyarakat digelar di hotel Mercure Ancol, Jakarta selama 4 hari (3/6-6/6).

Acara yang bertema Konsultasi Nasional (KONAS) Gereja-gereja dan Lembaga Pelayanan Kristen di Indonesia itu dihadiri sekitar 200 orang dan lebih dari 20 propinsi dari berbagai gereja-gereja dari berbagai aras gereja (PGI, PGLII, PGPI, KWI) dan dibuka secara resmi oleh Pdt Suhandoko (PGPI).

KONAS 2008 ini terselenggara atas dukungan dari elemen muda gereja serta PDS (Partai Damai Sejahtera) sebagai salah satu wujud nyata kepedulian elemen muda gereja terhadap kondisi bangsa dan melihat pentingnya kebersatuan antar gereja-gereja untuk bersama memikirkan dan mencari jalan keluar terhadap permasalahan yang terjadi di dalam kehidupan beragama dan berbangsa.

Maksud dan tujuan penyelenggaran Konsultasi Nasional ini sendiri adalah untuk merefleksikan perjalanan kesejarahan Gereja-gereja di Indonesia dalam lintasan sejarah 100 tahun kebangkitan nasional dan 10 tahun demokratisasi Indonesia, mempercakapkan secara mendalam problematika kebangsaan Indonesia dewasa ini melakukan pemetaan posisi Gereja dan umat Kristen Indonesia dewasa ini, serta merefleksikan kemana Indonesia kontemporer sedang menuju.

Dalam acara Konsultasi Nasional ini menghadirkan para pembicara yang berasal dari berbagai elemen seperti para pimpinan gereja tingkat nasional(PGI, PGLII, PGPI, KWI), pemimpin sinode dari berbagai propinsi, lembaga/organisasi Kristen, akademisi,pelaku sejarah, dan tokoh politik antara lain Muhaimin Iskandar, Akbar Tanjung, Wiranto, Gumilar Sumantri (Rektor UI), Indra J. Piliang(CSIS), Dr. Tung Julan (LIPI).

Denny Tewu selaku ketua panitia penyelenggara Konas dalam sambutannya menyatakan situasi Indonesia dimana berbagai masalah mulai dari penutupan gereja-gereja di berbagai daerah terutama di darah pulau Jawa dan sekitarnya, sampai kenaikan harga BBM membawa “multi-player effect” membuat masyarakat makin terpuruk. Ia mengharapkan, KONAS dapat merumuskan dan memberikan solusi jalan keluar ata pergumulan berat bangsa ini serta diharapkan Gereja sebagai lembaga yang fokus terhadap pengembang dan pemberi motivasi nilai-nilai moral umat Kristiani.

Saat ini ada banyak perda-perda yang bernuanasa agama misalnya di berbagai wilayah di negeri ini sekitar 60 an lebih adanya kekerasan, marginalisasi kelompok-kelompok yang berbeda pandangan dari pandangan arus utama misalnya, kesulitan pembangunan rumah-rumah ibadah ini semua adalah tanda yang menunjuk dengan amat jelas bahwa dimensi pancasila, kemajemukkan UUD 45 masih dalam tahap tekstual normative dan belum dalam tahap operasional sebagaimana yang diharapkan.

“Terjadinya konflik dimana-mana, insiden Monas yang paling baru dan masalah-masalah yang diakibatkan karena pilkada misalnya pertarungan di bidang politik menjelang 2009 kita lihat dengan kasat mata bahwa demokrasi belum benar-benar menjadi bagian dari kehidupan kita sebagai bangsa. Dan memang perlu proses pembelajaran yang lama, oleh karena itu konsultasi nasional gereja-gereja di Indonesia bersama dengan lembaga-lembaga Kristiani Indonesia selama beberapa hari akan mencoba mencermati, merefleksikan itu dengan mendapat bahan masukkan dari para nara sumber yag memng ahli di bidangnya sehingga dengan cara itu gereja-gereja dapat merumuskan pikiran-pikiran strategisnya dan bisa memberikan kontribusi pemikiran itu bagi perjalanan hidup kita berbangsa dan bernegara di hari kedepan,” menurut Pdt. Weinata Sairin selaku Sekum PGI.

Maria F.
Reporter Kristiani Pos

Tags: ,

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: