Sekretariat Bersama Antar Gereja Seluruh Indonesia Akan Segera Dibentuk

Konsultasi nasional gereja-geraja dan lembaga pelayanan Kristen yang digelar pada 3 – 6 Juni 2008 menghasilkan kesepakatan tentang akan dibentuknya Sekretariat Bersama (Sekber) antar gereja se-Indonesia mulai di tingkat pusat maupun di Kabupaten/Kota dan Propinsi.

Hal itu diungkapkan Ketua DPW Partai Damai Sejahtera (PDS) Sumut, DR Drs Toga Sianturi MA, kepada Kamis lalu saat mengikuti Konsultasi Nasional Gereja-gereja dan Lembaga Pelayanan Kristen se- Indonesia di Hotel Mercuri Ancol, Jakarta, Suara Pembaruan memberitakan.

“Tujuan dibentuknya Sekber antar gereja yang tergabung dalam 7 aras ini untuk mempererat persatuan dan kesatuan antar umat Kristiani sekaligus menampung segala keluhan dan hambatan yang berhubungan dengan gereja. Misalnya kendala dalam izin pembangunannya maupun masalah lainnya,” ujar Toga.

Dikatakannya, konsultasi nasional yang difasilitasi DPP PDS itu berlangsung sukses dan dihadiri ribuan undangan dari perwakilan gereja-gereja dan pimpinan aras gereja seperti Ketua Umum MPH Persekutuan Gereja Indonesia (PGI ) Pdt Dr AA Yewangoe, Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja dan Lembaga Injili Indonesia (PGLII ) Pdt Dr Nus Reimas, Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja Pentakosta di Indonesia (PGPI) Pdt Suhandoko Wirhaspati, MA, Ketua Umum DPP PDS dr Ruyandi Hutasoit, Jenderal (Purn) Wiranto dan Ir Akbar Tanjung.

Selain itu, acara yang diketuai ML Denny Tewu SE MM itu juga dihadiri pimpinan sinode gereja dari seluruh propinsi di Indonesia, Dirjen Bimas Kristen Dr Yason Lase, Gubernur Sulawesi Utara Drs Sinyo sarundayang, Wagub Kalbar Drs Kristiandi Sanjaya, Rektor Universitas Indonesia Dr Gumilar Sumantri dan undangan lainnya.

Pada intinya seluruh utusan gereja-gereja, ujar Toga, sudah ada pemahaman akan kerinduan menyatukan umat Kristen dalam “satu tubuh” Kristus yang Esa dengan menghindarkan pengkultusan gereja-gereja tertentu demi kuatnya persatuan dan kesatuan umat Kristiani.

“Untuk menyikapi tantangan terhadap gereja yang akhir-akhir ini semakin tajam, sangat diperlukan pembentukan wadah berupa Sekber yang nantinya menampung segala masukan, keluhan maupun pengaduan seluruh jemaat. Kemudian Sekber itu nantinya menyampaikannya kepada pemerintah sesuai dengan amanah konstitusi,” katanya.

Christianipost

Tags:

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: