Lutheran Seluruh Dunia Rayakan 525 Tahun Mengenang Baptisan Martin Luther

Konggregasi Lutheran di seluruh dunia bergabung dalam sebuah perayaan pada Selasa (11/10) lalu guna memperingati hari jadi ke-525 tahun Kristen Protestan Reformed Baptis yang didirikan oleh Martin Luther.

Seluruh dunia merayakan“Festival Pembaptisan” pada 11 November kemarin, sehari setelah perayaan hari ulang tahun Martin Luther yang lahir pada 10 November 1483, yang mana pada perayaan hari jadi tersebut sedikitnya telah dilakukan 270 pembaptisan dalam 249 konggregasi yang ikut merayakan peringatan pembaptisan di 13 negara.

Sebanyak 25 Konggregasi Gereja Lutheran Injili di Amerika (ELCA) yang terdaftar ikut serta merayakan peringatan tersebut.

“Sebuah perkembangan teologi pembaptisan merupakan suatu inti yang penting dalam warisan Lutheran dan pada festival kali ini juga berusaha untuk menekankan akan arti pentingnya pembaptisan bagi seluruh jemaat kami di seluruh dunia,” ujar Rev Scott A. Moore, seorang pastor ELCA yang melayani di St Andreas-Nicolai-Petri di Lutherstadt Eisleben dan St. Petrus dan Gereja Paulus di Volkstedt, Jerman.

Martin Luther lahir di Eisleben, Jerman, dan dibawa oleh orangtuanya untuk dibaptis di Gereja St Petrus sehari setelah dia dilahirkan, sebagaimana tradisi yang berlaku saat itu.

Dia tumbuh dewasa menjadi seorang rahib, teolog, profesor di universitas, pendiri gereja dan bapak Reformasi Protestan. Luther memberikan khotbah terakhirnya di St Peter Church sebelum dia meninggal pada 18 Februari 1546, di Eisleben.

Kemudian para pengikut dan pendukung Luther membentuk suatu kelompok yang dikenal dengan nama Gereja Lutheran.

Sampai saat ini, baik orang dewasa maupun anak masih dibaptis dengan cara yang sama sebagaimana bayi Martin Luther dibaptis 525 tahun silam.

Panitia perayaan Baptisan Luther berharap sebanyak 525 jemaat dapat berpartisipasi dalam Liturgi Pembaptisan dan Mengenang kembali Pembaptisan. Kelompok tersebut juga berharap untuk dapat memenuhi 525 orang yang dibaptis sebagai bagian dari perayaan global tersebut.

Salah satu konggregasi Lutheran di Mlandege, Tanzania melaporkan dalam Situs Website penyelenggara bahwa sebanyak 45 orang akan dibaptis pada hari Selasa.

Gereja Lutheran menggelar perayaannya pada pertengahan dasawarsa kali ini sebagai bentuk penghormatan terhadap apa yang diwariskan oleh Martin Luther yang mana disebutkan dengan “Dekade Luther ” yang mana perayaannya telah dimulai September 2008 lalu dan akan berlangsung sampai 2017 dan dalam kurun waktu tersebut kaum Lutheran juga akan merayakan peninggalan rahib Augustinian serta melakukan upaya untutk membina dialog dengan kepercayaan lainnya serta memperdalam percakapan teologia.

SUMBER : CHRISTIANPOST.CO.ID

Tags: ,

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: