Roh Izebel

 

Allah telah berjanji memberikan kepada kita suatu warisan kekayaan yang luar biasa di dalam Kristus. Menyeberang sungai Yordan adalah awal dari perjalanan yang menggairahkan. Namun untuk merebut dan memiliki warisan kita di dalam Yesus Kristus kita harus mengerti empat hal pokok berdasarkan Roma 8:15-17 dan Roma 8:28-32, yaitu:

  1. Kita adalah anak Allah, bukan budak.
  2. Rindukan pribadi Roh Kudus berdiam dalam kita, bukan hanya datang mengunjungi sesekali saja.
  3. Janji-janji Allah, bahwa Allah akan memberikan kepada anak-anak-Nya segalanya.
  4. Tujuan dari rencana Allah.

Fokus dari ke empat pokok ini adalah karakter kita, bukan warisannya. Menjadi orang dengan karakter seperti yang Allah kehendaki dalam hidup ini, adalah jauh lebih penting dibandingkan warisan harta kekayaan-Nya di bumi.

Perjalanan dengan Tuhan

Dalam perjalanan dengan Tuhan, kita akan memasuki tingkatan yang lebih tinggi Tetapi yang penting adalah kita harus setia menanti waktu Tuhan untuk peningkatan-peningkatan terjadi. Jangan desak Tuhan! Jika kita setia dengan hal kecil, maka Tuhan akan tambahkan. Lukas 16:10.

Jangan kejar Tuhan untuk mempersingkat proses dan mempercepat waktu! Allah tidak dapat bekerja jika ada bentuk pencemaran apapun masuk dalam pelayanan maupun gereja Tuhan.

Dalam perjalanan mengambil warisan di tanah perjanjian, musuh tidak tinggal diam. Musuh mengirim berbagai serangan, di antaranya roh izebel ke dalam gereja Tuhan Yesus.

Seringkali orang mengartikan roh izebel sebagai roh seorang perempuan yang dominan. Bukan!  Roh izebel dapat bekerja pada laki-laki maupun perempuan. Roh ini berusaha menghancurkan pelayanan Tuhan dengan menyusup ke dalam pelayanan atau gereja Tuhan. Pengajaran ini akan menolong Anda mengenali cara kerja roh izebel dan bagaimana kita menelanjangi perbuatan iblis dan membongkar tipu dayanya.

Kecuali kita bersembunyi dalam perlindungan Yang Mahatinggi dan dalam naungan Yang Mahakuasa seperti dalam Mazmur 91, kita dapat dipengaruhi oleh roh jahat ini dan dipakai sebagai umpannya untuk menghancurkan pelayanan maupun gereja Tuhan.

Bentuk Ekspresi Roh Izebel

Alkitab menjelaskan kepada kita berbagai macam fungsi dan bentuk ekspresi dari roh izebel dalam kehidupan seseorang. Ada lima macam bentuk manifestasinya:

  1. Penyembahan berhala.
    Firman Allah menjelaskan pada kita bahwa isteri raja Ahab yaitu Izebel yang memperkenalkan penyembahan berhala ke negeri Israel.

Penyembahan berhala di sini tidak saja mengenai penyembahan berhala pokok (dengan patung-patung), tetapi juga penyembahan berhala yang halus. Apa itu penyembahan berhala yang halus? Siapa pun atau apa pun yang mengambil tempat utama selain Allah dalam kehidupan seseorang sudah menjadi berhala bagi orang tersebut. Ini tidak terbatas pada barang-barang tetapi juga karir, hobby bahkan pelayanan. Ketika hal ini terjadi, maka pencemaran telah terjadi. Yesus bukan lagi Tuhan yang mutlak dalam kehidupan seseorang.

  1. Pelumpuhan pelayanan profetik yang murni.
    Roh ini akan menyerang, melumpuhkan bahkan menghancurkan pelayanan nabi yang murni dalam gereja lokal dengan tujuan membuat gereja lokal tersebut buta dan tuli terhadap segala rencana Allah bagi gereja itu.. Di kitab Raja-Raja, Izebel memelihara nabi-nabinya sendiri dan bahkan dia mencoba membunuh nabi Elia.

Kadang-kadang roh izebel dapat berfungsi dalam esensi karunia nubuat yang benar tetapi ada pencemaran. Seorang nabi palsu atau tidak, ditentukan dari buahnya, bukan dari tepat atau tidaknya nubuatan itu. Beberapa orang bisa sangat tepat nubuatannya, tetapi mereka tidak bisa mengalir dalam panggilan nabi Allah yang murni.

  1. Intimidasi (ketakutan).
    Izebel mencoba membawa ketakutan yang besar kepada nabi Elia. Ketakutan ini dapat menjadi keputus-asaan dan kadang-kadang sampai taraf mau bunuh diri. Mereka menjadi begitu depresi sampai kehilangan kekuatan dalam segala aspek kehidupan.
  2. Sihir.
    Roh izebel dapat bermanifestasi dalam bentuk sihir. Apa itu sihir? Sihir adalah mengontrol bahkan memaksa orang mengikuti kehendaknya. Sihir dapat sampai pada titik di mana Anda terintimidasi, sangat ketakutan dan Anda merasa harus menyerah. Orang yang disihir seperti dibutakan dalam mengikuti kehendak “penyihir”nya termasuk harus memberi uang.

1 Samuel 15:23 berkata: “Sebab pendurhakaan adalah sama seperti dosa bertenung…..

Kalau ada pengontrolan pasti ada unsur pemberontakan. Pemberontakan adalah dosa sihir! Di depan pemimpin, Anda mungkin bergaya manis dan sopan, tetapi hati Anda berontak. Di  belakang mereka Anda mencoba untuk memainkan pukulan Anda (rally your act) dan mencari kelompok pendukung Anda. Apa yang Anda lakukan ini adalah dosa di hadapan Tuhan! Sebab Allah melihat ke dalam hati.Sihir bekerja dalam dimensi penyesatan, dominasi, pemberontakan. Roh penyesatan ini menipu Anda dengan orang itu berkata: “Saya bisa dan akan menjagai kamu. Saya akan lakukan ini buat kamu!”

Dalam dimensi penyesatan akan menimbulkan kesulitan bagi banyak orang untuk memperbaharui pikiran mereka dengan firman Allah sebab terjadi peperangan dalam pikiran kita. Musuh kita bekerja keras untuk menipu dan menyesatkan kita. Pada waktu kita disesatkan Anda akan mengalami kebingungan dan kekacauan dalam pikiran.

  1. Imoralitas seksual.
    Roh izebel juga bisa muncul dalam manifestasi :
    –    imoralitas seksual
    –    penyesatan
    –    perpecahan keluarga
    –    perceraian
    sampai ke taraf di mana kepemimpinan yang berasal dari Tuhan tidak dapat berfungsi karena ada dominasi.

Ini semua adalah ekspresi dari roh izebel. Anda menjadi terintimidasi atau merasa dikorbankan. Apa pun yang Anda lakukan atau ke mana Anda pergi Anda selalu dipermainkan atau dipersalahkan. Anda selalu jadi korban orang lain.

Kunci untuk Mematahkannya

Tuhan menyediakan kunci-kunci untuk mematahkan roh izebel.

Pertama, Anda perlu mengetahui posisi Anda dalam Kristus.

Roh izebel sangat mudah menyerang, jika ada “akar penolakan” dalam kehidupan kita yang datang dari kehidupan di masa lampau seperti:

  • Dianiaya dan dilecehkan, secara jasmani maupun verbal, baik oleh orangtua, keluarga atau otoritas lain.
  • Orangtua yang mendominasi.

Akibatnya Anda cenderung menjadi pendiam sebab Anda takut disakiti lagi; suka menyendiri, merasa malu, merasa tidak mampu dan tidak layak. Anda tidak bisa break-out karena memiliki harga diri yang rendah. Anda tidak bisa melihat diri Anda di cermin dan berkata dengan berani dan yakin: “Aku adalah anak Allah!” Jika gembala atau pemimpin Anda tidak menyapa, Anda berpikir mereka tidak menyukai Anda lagi.

Ini semua timbul karena ada akar penolakan dalam diri Anda yang membuat Anda takut ditolak lagi dan bahkan Anda melihat diri sendiri tidak baik sehingga Anda menolak diri sendiri!

Perhatikanlah baik-baik akar-akar penolakan ini! Orang dengan akar penolakan bisa menjadi pengkritik. Sebelum orang lain mengkritik, dia akan mengkritik terlebih dahulu. Mereka juga bisa menjadi sangat menghakimi. Atau mau segala sesuatunya sempurna, perfeksionis. Penolakan juga membuat orang menjadi sangat agresif, kerja keras mencari uang, harus menjadi no.1 supaya orang menghormati dan menghargai dia. Dia mudah pahit. Waktu ada orang lain dipromosi atau ditetapkan dalam suatu jabatan, sementara dia tidak, dia merasa dirinya ditolak. Ia mereka tidak aman!!!!!!

INTEGRITAS adalah apa kita, siapa kita dan apa yang kita lakukan pada waktu tidak ada orang yang melihat

Kita tidak dapat menipu Tuhan dengan segala macam motivasi hati yang tidak murni. Allah akan memberikan pada kita waktu untuk bertobat, tetapi jika waktunya habis, Dia akan menelanjangi semua motivasi busuk itu.

Namun orang yang tahu posisinya di dalam Kristus, dia akan aman. Dia dapat berbuat apa saja dengan merdeka karena tahu di mana Allah menempatkannya! Orang yang aman tidak membandingkan diri dengan orang lain; tidak bersaing dengan orang lain. Dia percaya bahwa sebagaimana dirinya, demikianlah Tuhan menerima dia. Semua orang pernah tertolak, tetapi Tuhan Yesus Kristus dapat menyembuhkan.

Karena itu sangat penting bagi Anda untuk benar-benar mengetahui posisi Anda di dalam Kristus. Bahwa Anda adalah anak-anak Allah, ahli waris bersama Kristus. Tidak perlu mencoba menjadi anak Allah. Kebenaran ini tidak akan bisa diubah. Terima saja panggilan yang Allah telah sediakan bagi Anda yaitu sebagai anak Allah!

Kedua, yang penting bukan warisannya, tetapi kita/Anda-nya.

Pada waktu kita menyeberang sungai Yordan, ada tingkatan komitmen yang lebih tinggi yang harus kita masuki. Yosua dapat meruntuhkan tembok kota Yerikho yang berbenteng dan sangat kuat, namun dia mengalami kekalahan di Ai hanya karena satu orang yaitu  Akhan yang serakah dan tamak. Gara-gara satu orang, Yosua dan umat Israel mengalami kekalahan total. Hadirat Allah meninggalkan Israel (baca Yosua 6 dan 7).

Marilah kita tidak menggunakan metoda dunia untuk masuk ke tempat yang Tuhan sediakan, karena Allah adalah Allah yang kudus, Allah akan menelanjangi semua siasat yang terselubung. Pada waktu kita menyeberang sungai Yordan, kita harus menyalibkan daging!!!!

Untuk mengklaim warisan Allah bagi kita, kita harus menjadi anak Allah dengan membawa rupa dan gambar Allah Bapa kita, artinya karakter Allah.. Jikalau Allah dapat membuat kita menjadi anak-Nya, Dia akan menjadikan kita pemenang, warisan akan datang, tetapi ini semua diawali dengan kesetiaan.

Yang penting adalah karakter kita, bukan warisannya. Menjadi orang dengan karakter seperti yang Allah kehendaki dalam hidup ini, adalah jauh lebih penting dibandingkan warisan harta kekayaan-Nya di bumi.

Promosi dari Tuhan

Daud setia menggembalakan 2-3 domba ayahnya. Kemudian ayahnya memerintahkan dia untuk pergi membawa roti dan keju bagi kakak-kakaknya yang sedang berperang bersama Saul melawan Filistin. Melalui kemenangan Daud atas Goliat, dia kemudian diangkat menjadi prajurit lalu komandan. Namun sekalipun Saul mencoba membunuh Daud, Daud berkata: “Aku akan melakukan yang benar di hadapan Allah”.

Yang penting bukanlah siapa yang salah atau benar, tetapi mengenai bagaimana Allah memimpin kita melalui proses pembentukan. Daud bisa berkata: “Aku tidak akan menjamah yang diurapi Tuhan”. Siapa pun yang mencoba menjamah orang yang diurapi Tuhan, Allah sendiri akan menelanjangi skemanya sebelum digenapi.

Mungkin Anda sedang bergumul dengan hal-hal penolakan dalam hidup Anda; atau Anda sedang bergumul dalam kejujuran di mulut Anda; atau ada amarah dalam kehidupan Anda; datanglah kepada otoritas di gereja Anda atau kepada pemimpin pelayanan Anda dan bicarakan dengan mereka. Bila tidak, maka Anda akan jatuh dalam pengaruh sihir dalam kehidupan Anda.

Akhirnya, kuasa dalam ke-Kristen-an adalah kuasa untuk melayani dan mengasihi, bukan kuasa untuk mengontrol atau mendominasi.

Sumber : Maria Magdalena Ministry

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: