Survei: SBY Masih Terpopuler

Jakarta,

Survei Indonesian Research and Development Institute (Indonesian RDI) menempatkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai tokoh yang paling tegas dan paling mampu menyelesaikan permasalahan mendesak.

Hal tersebut terungkap dalam hasil survei politik nasional yang yang dipublikasikan Indonesian RDI di Jakarta, Senin.

Dalam survei yang dilakukan terhadap 2600 responden di 33 provinsi secara proporsional dan di 260 desa/kelurahan pada 22-30 Maret 2008 itu, sebanyak 45,3 persen responden memandang SBY sebagai tokoh yang lebih tegas dibanding sejumlah tokoh lainnya.

Sejumlah tokoh pembanding lainnya adalah Megawati (17,6 persen), Wiranto (17,2 persen), Amien Rais (6 persen), Sri Sultan HB X (4,7 persen), Jusuf Kalla (2,13 persen) serta Sutiyoso (2 persen).

Survei dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan kesalahan sampel (sampling error) lebih kurang 1,9 persen itu juga menempatkan SBY sebagai tokoh yang paling mampu mengatasi masalah mendesak (40,3 persen).

Posisi berikutnya di bawah SBY adalah Megawati (22 persen), Wiranto (11,6 persen), Sri Sultan HB X (7,3 persen), Amien Rais (5,3 persen), Jusuf Kalla (3,6 persen) dan Sutiyoso (2 persen).

Kendati menempati peringkat tertinggi untuk penilaian figur, namun tingkat kepuasan masyarakat terhadap pengukuran kebijakan, khususnya di bidang ekonomi, ternyata sebagian besar masyarakat Indonesia mengaku tidak puas.

Sebanyak 70,5 persen responden mengaku tidak puas terhadap harga sembako di pasaran. Sementara mereka yang menyatakan puas dan tidak tahu, masing-masing, sebesar 17,6 persen dan 18 persen.

Ketidakpuasan masyarakat yang tinggi juga tercermin untuk program pengurangan pengangguran dan kemiskinan yang dijalankan pemerintah, yakni tidak puas (55,9 persen), puas (26,5 persen) dan tidak tahu (17,5 persen).

Mengenai sosok calon wapres yang dianggap masyarakat layak mendampingi SBY, survei itu menyebutkan sebanyak 27,7 persen memilih Jusuf Kalla.

Posisi tokoh lainnya yang dianggap masyarakat pantas menjadi wapres untuk SBY adalah, Sri Sultan HB X (17,2 persen), Hidayat Nurwahid (15 persen), Sutiyoso (7,7 persen) dan Akbar Tandjung (3,9 persen).

Sumber : Analisadaily

Tags: , , ,

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: